Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mudah Cek Porsi Keberangkatan Haji Tahun 2021

 Cara Mudah Cek Porsi Keberangkatan Haji Tahun 2021


Halo ges para sobat duniamu38. Jadi kali kini saya akan berbagi sekilas cara mengecek prosi keberangkatan Haji, siapa sih yang tidak ingin berangkat ke Tanah Suci Mekkah? Pastinya ingin semua semoga Allah memberikan kita sehat wal afiat dan rezeki berlebih agar bisa untuk menunaikan kewajiban sebagai muslim dan muslimah sebagai seorang muslim pasti akan merindukan Baitullah atau rumah Allah.

Ibadah haji merupakan kelima dari Rukun Islam setelah syahadat, sholat, puasa, dan zakat. Tentu bagi yang mempunyai rezeki yang lebih, menunaikan ibadah haji merupakan suatu kenikmatan yang perlu kita syukuri bersama dan juga merupakan kewajiban seorang muslim untuk menjadi seorang muslim yang baik. Namun pada prakteknya, proses untuk menjalankan Rukun Islam kelima itu harus melalui jalan yang berliku karena setiap tahunnya ada kuota yang membatasi pendaftar haji untuk berangkat ke Tanah Suci, apalagi disaat pandemi seperti ini pasti banyak banget perubahan-perubahan jadwal yang awalnya bisa berangkat ditahun 2020 menjadi di tahun 2023 karena adanya pandemi ini. Semoga pendemi ini segera berlalu dan menjadi kehidupan yang normal kembali. Aminn yra

Adapun jumlah pendaftar tidak boleh melebihi jumlah kuota yang ditetapkan oleh Kementerian Agama ataupun (Kemeng RI) tiap tahunnya. Mengingat jumlah kuota jamaah haji yang berubah-ubah stiap tahunnya, maka para pendaftar haji penting untuk mengetahui cara cek nomor porsi keberangkatan haji. Hal ini dilakukan agar calon jamaah haji dapat memastikan pada tahun berapa mereka akan diberangkatkan ke Tanah Suci agar tidak terjadi salah jadwal maupun salah tahun keberangkatannya.

Jadi nomor porsi haji adalah nomor urut pendaftaran yang didapatkan jemaah ketika membayar setoran awal di bank penerima setoran guna pembiayaan atau ongkos naik haji. Nomor porsi yang terdiri atas 10 digit akan diberikan ketika calon jamaah membayar setoran awal di bank penerima setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH).

Disini ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mengecek nomor porsi keberangkatan haji. Langkah pertama, bisa melalui aplikasi di smartphone kesayangan anda. Kemudian yang kedua bisa melalui website resmi yang disediakan oleh Kementerian Agama RI.

Cek jadwal keberangkatan haji berdasarkan nomor porsi melalui situs Kemenag

Kementerian Agama (Kemenag) menyediakan fitur cek nomor porsi melalui situs yang dapat diakses baik melalui ponsel maupun personal computer (PC) yaitu situs website. Berikut langkah-langkah untuk mengecek nomor porsi via ponsel maupun personal computer (PC):

1.    Siapkan nomor porsi yang didapatkan dari BPIH

2.    Buka alamat situs di https://haji.kemenag.go.id/

3. Setelah muncul tampilan beranda website https://haji.kemenag.go.id/, kemudian pilih menu dropdown Perkiraan Berangkat

4.    Masukkan 10 digit nomor porsi di kolom pencarian

5.    Klik 'cari', maka data perkiraan keberangkatan akan ditampilkan 

Cek nomor porsi keberangkatan haji melalui aplikasi

Calon jamaah haji juga dapat melakukan pengecekan melalui aplikasi Haji Pintar Kemenag yang tersedia di Google Play Store (pada Android) dan App Store (pada IOS). Berikut langkah-langkah untuk mengecek nomor porsi via aplikasi:

1.    Buka Google Play Store atau App Store

2.    Cari dan unduh aplikasi 'Haji Pintar Kemenag'

3.    Lakukan instalasi

4.    Setelah instalasi selesai, buka aplikasi

5.    Setelah aplikasi sudah dibuka, pilih menu cepat 'Estimasi Keberangkatan'

6.    Masukkan 10 digit nomor porsi keberangkatan haji

7.    Klik Submit, maka aplikasi akan menampilkan informasi dasar seperti nomor porsi, nama, asal kota atau kabupaten, provinsi, jumlah kuota provinsi, dan tahun perkiraan keberangkatan

8.    Jangan lupa untuk membaca Disclaimer dan memastikan pada musim haji untuk melakukan pengecekan estimasi keberangkatan

Nah, jadi seperti sobat duniamu38 cara untuk mengecek keberangkatan jadwal haji sobat, setelah mengetahui cara cek nomor porsi keberangkatan haji, harapannya calon jamaah haji mengecek nomor porsi secara berkala agar segala persiapan dapat dilakukan dengan baik dan tidak mendadak. See  you sobat semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Cek Porsi Keberangkatan Haji Tahun 2021"