Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Memperbaiki STB TV Digital Error Mode Boot atau Tulisan Boot Terus

Cara Memperbaiki STB TV Digital Error Mode Boot atau Tulisan Boot - di era sekarang ini semua TV baik Tv LED maupun Tv Tabung sudah beralih semuanya menjadi sinyal digital dengan bantuan sebuah alat yang bernama STB DVB. Adapun dari STB sendiri banyak berbagai Merk antara lain : Nexmedia, Polytron, Ichiko, Akari, Venus (Brio), Tanaka (T2), Matrix (Apple), Evercross (STB1), Nextron, Evinix H1, dll. 

Namun seiring berjalannya waktu kita sering menjumpai beberapa kasus pada STB TV digital seperti sinyal hilang, stb stak di mode boot, mati total, elko rusak, hingga kasus yang lumayan karena harus mengganti komponen seperti power supplynya.

Nah disini saya menemukan kasus yang sinyalnya hilang tidak ada sinyal sama sekali ternyata setelah di cek bahwa Antena Outdoor sudah waktunya ganti dengan type yang cabang 5, sehingga ketika di scan ulang sinyal akan muncul semuanya.

Disisi lain ada kasus lain yang unik pada STB TV Digital Merk TANAKA body besi, kasus yang jumpai pada merk STB Tanaka ini yaitu tampilan STB tiba-tiba hanya di Mode BOOT saja tanpa beralih ke tampilan home menu STB.

Kerusakaan STB Tanaka/Matric ini cukup unik, karena saat itu tiba-tiba STB stak di mode BOOT saja dan tidak beralih ke tampilan menu maupun ke sinyal digital, disini saya memperbaikinya ada 2 cara memperbaiki STB Tanaka yang berhenti di boot saja antara lain:

Pengecekan pertama

Untuk cara pertama memperbaiki STB Tanaka/Matric yang hanya berhenti di boot loop, booting atau boot terus yaitu saya mencoba mengupdate atau mengganti software/ firmware pada STB ini menggunakan metode Flasdisk, adapun cara nya yaitu  :

  1. Silahkan sobat download firmwarenya disini
  2. Copy software/firmwarenya kedalam flasdisk
  3. Selanjutnya silahkan tancapkan flasdisk ke USB STB dalam keadaan STB mati
  4. Setelah itu tancapkan power STB dan tunggu tampilan TV berubah ada tulisan are you update firmware recovery.rcv kurang lebih seperti itu
  5. Selanjutnya klik oke saja pada remote stb dan tunggu proses hingga selesai 100%
  6. Silahkan cabut flasdisk dan tunggu reboot ulang.

Contoh tampilan gambar yang muncul pada TV saat flasdisk sudah terbaca sistem.

Pengecekkan kedua

Adapun cara yang kedua memperbaiki STB TV digital dengan kerusakan hanya berhenti di boot loop, booting atau boot terus menerus yaitu antara lain ada kerusakan pada elco stb tersebut. Adapun elco bawaan stb tersebut yaitu 16 volt 470 micro, nah sedangkan setelah saya ganti menjadi 25/35 volt 470 micro STB normal kembali adapun gambarnya sebagai berikut : 

Adapun untuk letak dan lokasi elconya seperti gambar berikut ini :

Kondisi dan spek elco bawaan dari STB TANAKA / MATRIC:


 

 Pengganti elco dari bawaan seperti dibawah ini, di uji menggunakan Elco 25V 470micro juga aman:

Mungkin itulah ilmu yang bisa saya sampaikan kepada sobat semua cara memperbaiki Set Top Box (STB DVBT2) secara cepat dan singkat tanpa membeli STB baru, sekian dan terimakasih

2 komentar untuk "Cara Memperbaiki STB TV Digital Error Mode Boot atau Tulisan Boot Terus"

Adhit 9 Januari 2024 pukul 12.45 Hapus Komentar
Link nggak bisa di download yaa

Tolong dongg. Kasih link yang bener, soalnya saya lagi pengen perbaiki set top box yang bermasalah + error saat booting
King Nizare 9 Januari 2024 pukul 13.05 Hapus Komentar
bisa kak silahkan didownload langsung free