Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Penyebab STB Tampilan Boot Terus dan Mati Total

STB? oke sobat duniamur38 pasti kita sering mendengar kata STB. Oke mari kita bahas STB merupakan kepanjangan dari Set Top Box yaitu sering dikenal dengan TV Digital, di era sekarang TV tanpa STB yaitu hampa karena kita hanya akan melihat semut-semut dilayar Televisi kita karena sinyal TVnya sudah dihapus, sehingga Channel tv tersebut sudah tidak ada lagi yang tampil di TV yang tidak menggunakan STB-DVB tersebut.

Penyebab STB Tampilan Boot Terus dan Mati Total

Adapun kelebihan dari STB-DVB tersebut yaitu sinyal TV Digital semakin banyak dan akan bisa tampil dengan gambar yang jernih baik di TV LED maupun TV Tabung sekalipun. 

Namun disisi lain kita juga sering menemui beberapa kasus seperti   STB TV Digital Error di Mode Boot atau STB keluar Tulisan Boot, bahkan juga ada yang STB nya Mati Total tidak hidup sama sekali itu pun di semua Merk STB-DVB antara lain: Tanaka, Matrix (Apple), Polytron, Akari, Nexmedia, Ichiko, Venus (Brio), Evercross (STB1), Nextron, Evinix H1, dan lain sebagainya.

Penyebab STB Boot Terus dan Mati Total

Adapun penyebab STB menjadi boot terus ataupun mati total ada beberapa faktor penyebabnya,  faktor ini bisa terjadi kapan saja, bahkan ketika sebelumnya STB Normal-normal saja, namun ketika dinyalakan tiba-tiba masalah itu muncul seperti mode boot terus menerus dan bahkan Mati Total, berikut adalah penyebabnya:

1. Sistem Operasi (Firmware STB)
Firmware yang ada di perangkat STB juga bisa jadi penyebab masalah utamanya. Setiap system operasi tentu ada resiko atau bug/ error yang terjadi secara mendadak dan sehingga menjadi tidak normal. Bisa jadi firmware tersebut sudah waktunya untuk di update. Sering kali faktor penyebab matinya STB dan error yaitu pada kesalahan system operasi ini.

Sehingga dari adanya kerusakan atau tidak kompatiblenya software itulah penyebab dari STB yang tiba-tiba bootloop ataupun tidak bisa booting atau STB di mode boot terus menerus tidak bisa tampil ke channel beranda.

2. Kerusakan Hardware
Selain dari kerusakan Sistem operasi / firmware, yang menyebabkan STB Mati Total dan Mode Boot Terus disebabkan oleh kerusakan komponennya seperti Elco, RAM, prosesor atau komponen lain yang rusak sehingga tidak bisa berfungsi dengan normal. Sehingga menyebabkan STB Mati Total dan Tidak Bisa boot dengan normal

Tips dan Trik Cara Memperbaiki STB Boot Terus dan STB Mati Total

Nah disini lah pada inti dari kalian berkunjung ke website ini yaitu ingin memperbaiki STB sobat yang sekarang sedang Mode Boot terus ataupun STB Mati Total, kalian sudah tepat mampir disini karena sobat tidak perlu berangkat ke tempat service terlebih dahulu, tentu sobat akan bisa memperbaiki sendiri dengan cara-cara sederhana sesuai dengan pengalaman pribadi.

Maka dari itu sebelum sobat untuk membeli dan menggantinya dengan STB yang baru, mungkin ada beberapa pengalaman tips dan trik yang mungkin bisa mengatasi Set Top Box yang boot terus dan mati total agar bisa normal kembali.

Langkah pertama

Okeh untuk cara pertama untuk memperbaiki STB yang Mode Boot Terus atau berhenti Bootlop, booting atau boot terus yaitu saya mencoba update software atau mengganti firmware pada STB ini menggunakan metode Flasdisk antara lain:

  1. Download firmwarenya Disini, (STB Tanaka)
  2. Silahkan Copy software/firmware STB ini kedalam flasdisk,
  3. Kemudian tancapkan flasdisk ke USB STB dalam keadaan STB mati dan cabut sumber listriknya,
  4. Selanjutnya tancapkan kembali power STB dan tunggu tampilan TV berubah ada tulisan“are you update firmware recovery.rcv",
  5. Setelah itu klik oke pada remote stb dan tunggu proses hingga selesai 100%,
  6. Kemudian cabut flasdisk dan tunggu STB reboot / restart ulang.

Langkah kedua

Adapun langkah kedua cara untuk memperbaiki STB TV digital dengan keadaan yang mati total dan berhenti di tampilan mode boot terus antara lain yaitu ada kerusakan pada elco STB tersebut. 

Berikut yang penting dan perlu dilihat yaitu pada elco bawaan STB tersebut yaitu 16 volt 470 micro, sedangkan setelah saya ganti menjadi 25/35 volt 470 micro menjadi hidup dan STB normal kembali.

Adapun untuk letak dan lokasi elco bawaan dari STB tersebut seperti gambar dibawah ini:

(Gambar : STB Merk Tanaka T2)

Pengganti elco dari bawaan seperti dibawah ini, di uji menggunakan Elco 25V 470micro juga aman, Berikut gambar elco pengganti bawaan STB :

Mungkin itulah ilmu yang bisa saya sampaikan kepada sobat semua mengenai Penyebab STB Tampilan Boot Terus dan Mati Total dan tips memperbaiki Set Top Box (STB DVBT2) secara cepat dan singkat tanpa membeli STB baru, semoga bermanfaat sekian dan terimakasih sudah mampir.

Posting Komentar untuk "Penyebab STB Tampilan Boot Terus dan Mati Total"