Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tutorial Penggunaan Software XAMPP Serta Cara Membuat Database dengan Xampp

Tutorial Penggunaan Software XAMPP Serta Cara Membuat Database dengan Xampp

Software XAMPP yaitu perangkat lunak yang didukung banyak sistem operasi, yang merupakan campuran dari beberapa program. Xampp telah mengalami perkembangan dari waktu ke waktu.versi yang terbaru adalah revisi dari yang terdahulu,sehingga lebih baik dan lebih lengkap. Aplikasi utama dalam paket Xampp yakni terdiri atas web server Apache, MySQL, PHP, dan PHPMyAdmin. dan mempunyai fungsi sebagai server yang  berdiri sendiri (localhost), yang terdiri dari program MySQL database, Apache HTTP Server, dan penerjemah ditulis dalam bahasa pemrograman PHP dan Perl.
Software XAMPP merupakan singkatan dari X (empat sistem operasi), Apache, MySQL, PHP dan Perl. Program ini tersedia di bawah GNU General Public License dan bebas, adalah mudah untuk menggunakan web server yang dapat melayani tampilan halaman web yang dinamis. Jika ingin mendapatkan xampp dapat mendownload langsung dari situs resminya. Sebenarnya ada beberapa aplikasi untuk membangun website di lokalhost seperti MAMP, LAMP, dan WAMP, namun dari ke empat aplikasi tersebut menurut pusatdesainweb.com yang paling mudah digunakan dan dari segi interface yang paling baik adalah XAMPP.


Software Xampp  bisa disebut juga dengan "web server”, kenapa? karena software xampp ini dapat mengakses tanpa harus online atau internet. Langsung saja download terlebih dahulu XAMPP  di web resminya apache, Link yang diberikan di sini adalah link untuk system operasi windows, untuk link yang ada di system operasi yang lainnya. Berikut langkah-langkah  web server dengan menggunakan xampp. XAmpp sendiri  juga merupakan program (paket gratis) yang terdiri dari Apache web server dan MySQL untuk web database yanga dapat digunakan dengan mudah.
Cara  Install Xampp di PC Anda  Sebagai Berikut :
1.    Klik 2 kali pada software xampp yang sudah anda download atau sudah ada di PC anda.
2.    Klik  Ok, untuk memilih bahasaĆ  English.
3.    Klik next pada setup wizard lalu pilih Folder untuk menyimpan xampp kemudian klik
4.    next.
5.    Maka tampil Xampp Option ceklis atau klik yang ada pada service section ke 3 nya lalu
6.    Klik Install.
7.    Kemudian Klik Finish

Lalu akan Klik Yes untuk menjalankan xampp control panel.
Berikut tutorial berikut bisa dilihat dibawah ini :





Mungkin itu saja tutorial dari saya, semoga bisa bermanfaat dan semoga lancar dalam menjalankan aplikasi xampp ini, sekian terimakasih..

1 komentar untuk "Tutorial Penggunaan Software XAMPP Serta Cara Membuat Database dengan Xampp"

Dewi Juliani 7 Maret 2019 pukul 14.24 Hapus Komentar
Tutorialnya bagus , saya jarang pakai itu biasanya saya pakai oracle DB