Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Setting Robots.txt dan Tag Header Robot Custom di Blogger Terbaru

 


Cara Setting Robots.txt yang Benar dan Aman di Blogger Terbaru 2022 - Mungkin bagi sobat semuanya yang mendalami dalam dunia blogger pasti berkeinginan tulisan artikel di blog sobat bisa terindek google dan selalu muncul dihalaman utama (Pageone)  pencarian google. Itu merupakan dambaan para seorang blogger, namun masih belum banyak juga yang mengetahui caranya agar bisa tampil di google terutama halaman utama pencariannya. Oleh karena itu disini saya akan membeberkan sedikit kunci agar tulisan / artikel sobat bisa muncul di pageone google. Disini saya akan membagikan sebuah kunci Blogger berjudul Cara Setting Robots.txt dan Tag Header Robots Custom di Blogger Terbaru

Berdasarkan pengalaman saya sebagai seorang blogger pemula sudah mempraktekkan kunci agar artikel / tulisan di blogger saya bisa terindek google dan muncul dihalaman utama mesin pencarian google misalnya saja seperti ini “Cara Membuat Sitemap / Halaman Daftar Isi di Template LinkMagz Terbaru” dari artikel tersebut disitu saya berhasil mendapatkan pageone google dengan cara mensetting yang namanya Robots.txt dan Tag Header Robot Custom. Ini merupakan hal penting dan dibilang sepele karena settingannya ada didalam dashboard blogger itu sendiri. Pasti kan sobat setting robots.txt dengan aman dan benar di blogger, karena nantinya akan berpengaruh pada SEO Blogger sobat.

Namun sebelum membahas lebih lanjut tentang cara setting Robots.Txt dan Tag Header Robot Custom, mari kita simak sekilas penjelasan mengenai robots.txt itu sendiri apa.

Penjelasan tentang Robots.txt itu apa?

Jadi File robots.txt mempunyai tugas dialam dashboard blogger yaitu memberitahu crawler mesin telusur halaman baik berupa postingan, halaman, maupun file yang dapat / tidak dapat diminta (dirayapi) dari situs. Adapun Pengaruh robots.txt pada beragam jenis file seperti halaman web, file media, dan file resource. Lebih detailnya Bisa baca DISINI

Fungsi dari Robots.tx?

File robots.txt biasanya  digunakan terutama untuk mengelola traffic crawler ke situs Anda, dan biasanya menyembunyikan halaman dari Google, bergantung pada jenis file-nya : (sumber: developers google)

Mungkin itulah sedikit cuplikan pengetahuan dan penjelasan mengenai apa itu robots.txt dan apa fungsi dari robots.txt yang kita bahasa pada pertemuan kali ini. 

Untuk settingan robots.txt sendiri mungkin di google sudah banyak yang membuat tutorial atau cara seperti ini namun seiring perkembangan technologi semakin berkembang pesat dashboard didalam blogger pun ikut berkembang sesuai logaritma google yang semakin hari terus berubah sehingga tampilan dashboard Blogger yang lama sudah berbeda dengan yang versi terbaru sehingga para sobat zaman now pun juga kebingungan mencari artikel ataupun tutorial yang dimaksud pada saat ini. Oleh karena itu daripada panjang lebar kalam kita langsung masuk ke inti yaitu Cara Setting Robots.txt dan Tag Header Robot Custom di Blogger Terbaru

Lihat juga: Cara Membuat Halaman Sitemap di Blogger Terbaru

Sebelum kalian mengikuti tutorial ini ada baiknya kalian klik tombol ikuti disidebar web saya ini agar artikel / tutorial terbaru bisa kalian mendapatkan notifikasi. Oke disini kita akan membahas yang terpenting dari banyak penjelasan diatas mengenai setting robots.txt dan setting tag header robot custom ini.

Cara Setting Robots.Txt Di Halaman Blogger/ Blogspot yang Baru dan Benar

  1. Buka website Blogger.com dan login.
  2. Pilih Setelan dan cari Crawler dan pengindeksan.
  3. Setelah itu Aktifkan Robots.txt Kustom.
  4. Pada robots.txt kustom isi silahkan sobat isi dengan kode dibawah ini :
User-agent: Mediapartners-Google
Disallow: 

User-agent: *
Disallow: /search
Allow: /

Sitemap: https://duniamu38.com/sitemap.xml

Cara Setting Aktifkan Robot Tag Header Kustom Di Blogger yang Benar

  1. Aktifkan tag header robot kustom. 
  2. Pada Tag robot kustom untuk halaman beranda > Pilih All dan Noodp
  3. Selanjutnya di Tag robot kustom untuk halaman penelusuran dan arsip > Pilih Noindex dan dan Noodp.
  4. Pada Tag robot kustom untuk postingan dan halaman >Pilih All dan Noodp

Berikut gambar Cara Setting Aktifkan Robot Tag Header Kustom yang Benar :


           5. Terakhir Silahkan Klik Simpan Semua Settingan diatas.

Bagaimana caranya untuk mengetahui supaya settingan tadi bekerja dengan baik dan sudah terindeks google? Silahkan kalian buka webmaster tool google atau Google Search Console dibawah settingan diatas dan silahkan pilih  Url Ispection dan masukan Url Website Sobat dan tunggu hasilnya.

Mungkin itu sedikit kunci Cara Setting Robots.txt dan Tag Header Robot Custom di Blogger Terbaru, semoga bermanfaat dan Jangan lupa share artikel www.duniamu38.com ini sebanyak-banyaknya. Terimakasih sampai berjumpa dilain kesempatan lagi sobat. Sukses selalu dan jangan lupa berdoa.

#settingrobotstxt #carasettingrobots #settingrobottagheaderr #robotstxtblogger #settingrobotstxtyangaman


Posting Komentar untuk "Cara Setting Robots.txt dan Tag Header Robot Custom di Blogger Terbaru"