JIKA WAKTU NAMPAK BEGITU LAMA, MAKA PERCEPATLAH KESUKSESAN ANDA. ANDA MEMANG TAK DAPAT MENGALAHKAN WAKTU, TETAPI WAKTU DAPAT MEMAHAMI KAPAN IA HARUS MENGALAH

Organisasi dapat diartikan sebagai wadah dan sebagai proses (Teori Organisasi)



NAMA                     : Nizar Subqi Hamza
NIM                         : 21601091151
JURUSAN              : Administrasi Negara
MATA KULIAH       : Teori Organisasi (UAS)
DOSEN                   : Dra. Nurul Umiati, M.Si
SEMESTER            : II 
SOAL NPM GANJIL
TEORI ORGANISASI

1.    Organisasi dapat diartikan sebagai wadah dan sebagai proses, jelaskan dengan contoh!
2.    Jelaskan mengapa market & methods tidak dimasukkan ke dalam sumber – sumber manajemen?
3.    Mengapa uang bisa dijadikan sebagai motivasi dalam bekerja?
4.    Bagaimana cara meningkatkan efisiensi kerja?
5.    Mengapa pada ukuran efisiensi wewenang harus seimbang dengan tanggung jawab yang dibebankan? Jelaskan dengan contoh !
6.    Jelaskan dengan contoh tentang pemahaman organisasi dan metode !
7.    Jelaskan argumen orang masuk atau membentuk organisasi ?
8.    Jelaskan perbedaan organisasi dengan pengorganisasian ?
9.    Dalam perancangan struktur organisasi ada beberapa faktor yang mempengaruhinya, jelaskan dan berilah contoh!
10. Jelaskan bentuk – bentuk struktur  organisasi !
11. Berilah contoh organisasi sesuai dengan bentuk – bentuk struktur organisasi diatas
12. Apa yang dimaksud dengan proses komunikasi, keseimbangan, dan proses pengambilan keputusan dalam teori organisasi modern?
13. Mengapa tidak ada suatu cara desain yang “ampuh” untuk segala kondisi dalam memimpin organisasi? Jelaskan alas an saudara !
14. Bagaimanakah pendapat Scott dan Mitchell tentang pengertian kata pengaruh, sebutkan contohnya!
15. Bagaimanakah tipe pendekatan teknik – teknik kreatif dalam pengambilan keputusan?



JAWABAN



1.    Organisasi Sebagai Wadah
Maksud dari wadah di dalam organisasi adalah tempat dimana suatu kelompok berkumpul untuk membicarakan dan bekerja sama dalam satu tujuan.Di dalam organisasi tersebut tempat orang-orang bertukar pikiran dan menuangkan ide-ide mengenai organisasi tersebut,karena itu maka dapat disebut sebagai wadah. jadi yang dimaksud organisasi sebagai wadah ialah tempat dimana kita melakukan kegiatan bersama, bertukar ilmu, bertukar pikiran, mengeluarkan pendapat dan lain lain guna mencapai tujuan dan cita-cita bersama. sebagai
Contohnya : OSIS

Organisasi Sebagai Proses
Maksud dari proses di dalam organisasi adalah dimana ide-ide dan saran dari anggota organisasi tidak hanya sebagai catatan saja,melainkan akan di proses menjadi sesuatu yang lebih baik dalam arti lain mengaplikasikan ide-ide yang telah dikumpulkan di dalam wadah tersebut. yaitu organisasi sebagai suatu sistem proses interaksi antara orang-orang yang bekerjasama, baik formal maupun informal.Baik saat pembagian kerja maupun cara bekerja sama. Organisasi dapat dikatakan juga  suatu tempat dimana proses kita  mengembangkan, memperdalam kemampuan dan mendewasakan diri  ke arah yang lebih baik terjadi.
Contohnya : Organisasi Buruh
2.    Karena method itu bukanlah sebuah sumber manajemen melainkan sebuah tata kerja dalam sebuah pekerjaan.
begitu pula dengan Market. Market bukanlah masuk kategori sumber manajemen tapi merupakan tempat dimana organisasi / perusahaan memasarkan produknya.
Menurut George R Terry, methods (tata kerja) dan market (pasar) sebenarnya masuk kedalam sumber manajemen, namun jika dikaji ulang methods dan market akan tereliminasi dari 6 sumber manajemen tersebut, karna dalam pelaksanaan manajemen kedua hal itu kurang berpengaruh besar bagi jalannya kegiatan manajemen.
3.    Karena uang adalah salah satu unsur yang tidak dapat diabaikan. Orang bekerja untuk mendapatkan uang, maka uang bisa dikatakan kebutuhan primer bagi seseorang. Uang merupakan alat tukar dan alat pengukur nilai. Oleh karena itu uang merupakan alat yang penting untuk mencapai tujuan karena segala sesuatu harus diperhitungkan secara rasional.
4.    Efisiensi kerja dapat dilakukan dengan pengembangan pegawai dengan mengadakan seminar atau pelatihan yang berkaitan dengan kinerja perusahaan.
5.    Karena dalam sebuah perusahaan memiliki target yang harus dicapai maka dibuatlah pembagian kerja dimana tiap bagian memiliki tugas yang telah dibagi-bagi. Dan setiap orang memiliki keterbatas kemampuan. maka, antara tanggung jawab dengan wewenang haruslah seimbang, tidak keluar dari tanggung jawab yang diberikan sehingga tidak ada yang menyalahgunakan wewenang tersebut karena belum tentu orang tersebut professional atau mampu mempertanggungjawabkan atas wewenang yang diberikan.
Karena memang ukuran efisiensi wewenang memang harus seimbang dengan tanggung jawab yang dibebankan, karna apabila wewenang yang diberikan tidak seimbang atau melebihi porsi yang wajar, maka hasilnya akan mengecewakan, dan fungsi dari efisiensi itu sendiritidak akan berfungsi dengan baik.
6.    maksud organisasi dn metode adalah pelayanan terhadap manajer dan administrasi yang berusaha memajukan pekerjaan mereka atau tata kerja yang dipergunakan dalam rangka pencapaian efisiensi yang maksimal pada organisasi.

Kegiatan - kegiatan yang termasuk dalam Organisasi dan Metode adalah sebagai berikut :

1. Analisis organisasi.
2. Komunikasi dalam orrganisai
3. Tentang tenaga kerja, prosedur kerja dan system kerja.
4. Pentingnya filing dari segi Organisasi &Metode
5. Pentingnya jangka waktu penyimpanan data dan dokumen
6. Pentingnya formulir dari segi Organisasi & Metode
7. Pendayagunaan mesin kantor
8. Pendayagunaan perabotan dan peralatan kantor
9. Pentingnya penulisan laporan
10. Pentingnya buku pedoman kerja
11. Pentingnya anggaran belanja
12. Analisis kepegawaian
13. Pentingnya penyederhanaan kerja
14. Orgaisasi unit
15. Kesimpulan akhir

7.    Aneka Macam Alasan Mengapa orang Membentuk Organisasi
a)  Alasan sosial (social reason)
Banyak organisasi dibentuk untuk memenuhi kebutuhan manusia untuk pergaulan. Manusia berorganisasi karena membutuhkan dan menikmati kepuasan-kepuasan sosial yang diberikan oleh organisasi-organisai.
b)  Alasan material (material reason)
Melalui bantuan organisasi, manusia dapat melakukan tiga macam hal yang tidak mungkin dilakukannya sendiri, yaitu :
Memperbesar kemampuannya
Menghemat waktu yang diperlukan untuk mencapai sesuatu sasaran, melalui bantuan sebuah organisasi
Menarik manfaat dari pengetahuan generasi-generasi sebelumnya yang telah dihimpun
    Organisasi ada dan bertahan dalam masyarakat karena organisasi itu memberikan kontribusi yang sangat baik bagi masyarakat tetapi ada juga kehadiran organisasi yang tidak memberikan kontribusi bagi masyarakat maka organisasi ini harus dimusnakan. Tergantung dari sikap masyarakat yang menilai dan mau berkecimpung di dalam suatu organisasi mana, karena masyarakat saat ini sudah mulai kritis terhadap segala aspek yang terjadi tidak lagi bersikap apatis. So, semoga organisasi, dalam hal ini organisasi profit, non profit bisa membawa kontribusi, bukan menjadi boomerang..
8.    Pengorganisasian adalah fungsi manajemen dan merupakan suatu proses yang dinamis, sedangkan organisasi merupakan alat/wadah yang statis. Pengorganisasian dapat diartikan penentuan pekerjaan-pekerjaan yang harus dilakukan, pengelompokan tugas-tugas dan membagi-bagikan pekerjaan kepada setiap karyawan, penetapan departemen-departemen (subsistem-subsistem) serta penentuan hubungan-hubungan. Organizing berasal dari kata "organism" yang berarti menciptakan struktur dengan bagian-bagian yang diintegrasikan sedemikian rupa, sehingga hubungannya satu sama lain terikat oleh hubungan terhadap keseluruhannya. Organisasi diartikan menggambarkan pola-pola, skema, bagan yang menunjukkan garis-garis perintah, kedudukan, karyawan, hubungan-hubungan yang ada dan lain sebagainya.

Organisasi hanya merupakan alat dan wadah tempat manajer melakukan kegiatan-kegiatannya untuk mencapai tujuan yang diinginkan

9.    Adapun faktor-faktor  utama yang menentukan  perancangan struktur organisasi sebagai berikut:
1.      Strategi  Organisasi  untuk mencapai  tujuannya. Strategi akan menjelaskan  bagaimana  aliran wewenang  dan saluran komunikasi   dapat disusun  di antara para manajer  dan bawahan.  Aliran kerja sangat  dipengaruhi strategi, sehingga  bila strategi  berubah  maka struktur  organisasi  juga  berubah.
2.      Teknologi yang digunakan.  Perbedaan teknologi  yang digunakan  untuk memproduksi barang-barang  atau jasa akan membedakan  bentuk  struktur  organisasi, sebagai contoh  perusahaan  mobil yang  mempergunakan  teknologi industri  massal akan  memerlukan tingkat  standarisasi dan spesialisasi yang lebih tinggi  dibandingkan  perusahaan industri pakaian jadi yang mengutamakan perubahan mode.
3.      Anggota (karyawan)  dan orang-orang  yang terlibat  dalam organisasi.  Kemampuan  mereka untuk  bekerjasama harus  diperhatikan  dalam merancang  struktur organisasi. Kebutuhan  manajer  dalam pembuatan keputusan  juga  akan mempengaruhi  saluran komunikasi, wewenang  dan hubungan di antara satuan-satuan kerja  pada rancangan struktur organisasi seperti pelanggan, supplier  dan sebagainya  perlu  dipertimbangkan dalam penyusunan  struktur.
4.      Ukuran organisasi besarnya  organisasi  secara keseluruhan maupun satuan-satuan  kerjanya akan sangat mempengaruhi  struktur  organisasi  akan semakin kompleks  dan harus  dipilih  bentuk  struktur  yang tepat.
5.      Lingkungan sebuah organisasi terbentuk dari lembaga-lembaga atau kekuatankekuatan di luar organisasi yang berpotensi memengaruhi kinerja organisasi Kekuatan-kekuatan ini biasanya meliputi pemasok, pelanggan, pesaing, badan peraturan pemerintah, kelompok-kelompok tekanan publik, dan sebagainya.

10. . Bentuk Bagan Struktur Organisasi
Adapun terdapat beberapa macam bentuk struktur organisasi yaitu :
1.  Struktur organisasi lini
2.  Struktur organisasi lini dan staff
3.  Struktur organisasi fungsional 
4. Struktur organisasi lini dan fungsional 

A.  Organisasi Lini
Organisasi Garis / Lini adalah suatu bentuk organisasi dimana pelimpahan wewenang langsung secara vertical dan sepenuhnya dari kepemimpinan terhadap bawahannya
Bentuk lini juga disebut bentuk lurus atau bentuk jalur. Bentuk ini merupakan bentuk yang dianggap paling tua dan digunakan secara luas pada masa perkembangan industri pertama

B. Organisasi Lini dan Staf
Organisasi Lini dan Staf adalah kombinasi dari organisasi lini dan organisasi fungsional. Pelimpahan wewenang dalam organisasi ini berlangsung secara vertikal dari seorang atasan pimpinan hingga pimpinan dibawahnya. Untuk membantu kelancaran dalam mengelola organisasi tersebut seorang pimpinan mendapat bantuan dari para staf dibawahnya. Tugas para staf disini adalah untuk membantu memberikan pemikiran nasehat atau saran-saran, data, informasi dan pelayanan kepada pimpinan sebagai bahan pertimbangan untuk menetapkan suatu keputusan atau kebijaksanaan. Pada struktur organisasi ini Hubungan antara atasan dengan bawahan tidak secara langsung

C.  Organisasi Fungsional
Organisasi fungsional diciptakan oleh F.W.Taylor yaitu suatu bentuk organisasi di mana kekuasaan pimpinan dilimpahkan kepada para pejabat yang memimpin satuan di bawahnya dalam satuan bidang pekerjaan tertentu. Struktur ini berawal dari konsep adanya pimpinan yang tidak mempunyai bawahan yang jelas dan setiap atasan mempunyai wewenang memberi perintah kepada setiap bawahan, sepanjang ada hubunganya dengan fungsi atasan tersebut

D.  Organisasi Lini dan Fungsional
Organisasi Lini dan Fungsional adalah organisasi yang masing-masing anggota mempunyai wewenang yang sama dan pimpinannya kol
ektif. Organisasi Komite lebih mengutamakan pimpinan, artinya dalam organisasi ini terdapat pimpinan “kolektif/ presidium/plural executive” dan komite ini bersifat managerial. Komite dapat juga bersifat formal atau informal,komite-komite itu dapat dibentuk sebagai suatu bagian dari struktur organisasi formal, dengan tugas-tugas dan wewenang yang dibagi-bagi secara khusus.

11. a. Contoh Organisasi Lini :
Salah satu perusahaan yang menggunakan  organisasi lini adalah Mc. Donalds Indonesia corporatins. Mc. Donalds adalah salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang makanan cepat saji (fastfood).
b. Contoh Organisasi Lini dan Staf :
Salah satu contoh perusahaan yang menggunakan organisasi lini dan staff adalah PT. Pos Indonesia (Persero) yaitu perusahaan milik negara dalam bidang jasa yang meliputi pos, keuangan, logistik, dan e-bisnis dengan jangkauan operasi hampir di seluruh tanah di Indonesia. Kode etik bisnis PT. Pos Indonesia harus dapat dilihat, diketahui, dimengerti, dan dipahami oleh seluruhkaryawan, pelanggan, konsultan, mitra bisnis, serta oleh semua individu yang bertransaksi.
c. Contoh Organisasi Fungsional :
Salah satu contoh dari organisasi ini adalah PT. TIFICO Tbk. PT Teijin Indonesia Fiber Corporation Tbk adalah perusahaan dengan status PMA (penanaman modal asing) , yaitu gabungan antara perusahaan swasta Jepang (Teijin Limited) dengan perusahaan swasta nasional.
d. Contoh Organisasi Lini dan Fungsional :
PT. Putra Tunas Megah merupakan perusahaan swasta yang menghasilkan produk berupa mesin-mesin yang diperlukan pabrik kelapa sawit (PKS) sesuai dengan spesifikasi teknik yang telah diterapkan. Maka dari itu sangat penting adanya bentuk struktur keorganisasian, selain berfungsi untuk mengatur, dengan struktur keorganisasian pekerjaan menjadi efisien karena kedudukan karyawan telah diatur sesuai kemampuan dan tugas masing-masing. jadi untuk membantu mempermudah pengkoordinasian kegiatan-kegiatan dalam perusahan PT. Putra Tunas Megah menerapkan bentuk organisasi Lini dan Fungsional

12. • Proses Komunikasi: mempelajari jaringan komunikasi dalam sistem.
a)    Konsep keseimbangan: penyeimbangan mekanisme yang dicapai dengan jalan  menjaga hubungan struktural yang harmonis.
b)    Proses pengambilan keputusan: variabel internal dalam suatu organisasi yang      tergantung pada pekerjaan-pekerjaan, harapan-harapan individu, motivasi dan struktur organisasi
13. Karena dalam menentukan desain sangat diperlukan beberapa hal yaitu :
• Orang-orang yang terlibat didalam organisasi
• Strategi dan struktur
• Teknologi yang digunakan
• Lingkungan yang melingkupinya

14. Pengertian kata pengaruh menurut Scott dan Mitchell yaitu merupakan suatu transaksi sosial dimana seorang atau kelompok orang digerakkan oleh seseorang atau kelompok orang yang lain untuk melakukan kegiatan yang sesuai dengan harapan mereka yang mempengaruhi.

Contohnya:
Andi sedang membolos kuliah dan tanpa sengaja bertemu dengan Budi, lalu mereka mengobrol dan Andi pun mengajak Budi untuk membolos. Lalu Budi mengikuti ajakan Andi untuk membolos kuliah. Dan dari contoh ini ada Orang yang mempengaruhi (O), Metode mempengaruhi (-- dipengaruhi (P).

15. Tipe pendekatan teknik-teknik kreatif dalam pengambilan keputusan yaitu Pendekatan Kuantitatif terhadap manajemen secara ringkas mencakup berbagai dasar penting secara matematis bagi teknik-teknik pengambilan keputusan. Pada teknik-teknik kreatif, tipe ini mencoba untuk memanfaatkan semua hal yang tersedia untuk membantu individu dalam pengambilan keputusan kreatif. Ada 2 teknik dalam kelompok teknik kreatif yang dikenal dan digunakan secara luas, yaitu:
·      Brainstorming: teknik ini berusaha untuk menggali dan mendapatkan kreativitas maksimum dari kelompok dengan memberi kesempatan anggota untuk mengemukakan ide-idenya.
·      Synectics: didasarkan pada asumsi bahwa proses kreatif dapat dijabarkan dan diajarkan.

Previous
Next Post »