JIKA WAKTU NAMPAK BEGITU LAMA, MAKA PERCEPATLAH KESUKSESAN ANDA. ANDA MEMANG TAK DAPAT MENGALAHKAN WAKTU, TETAPI WAKTU DAPAT MEMAHAMI KAPAN IA HARUS MENGALAH

Tips-tips SEO Digital Marketing Website

Tips-tips SEO Digital Marketing Website

SEO merupakan tiga kata yang terdiri dari “S.E.O” atau singkatan dari "search engine optimization" yaitu (pengoptimalan mesin telusur) atau "search engine optimizer". Penggunaan jasa SEO adalah keputusan besar yang dapat meningkatkan peringkat situs Anda dan menghemat waktu, tapi juga berisiko tinggi terhadap situs dan reputasi. sesuai perkembangan yang ada pada algoritma mesin penelusur semacam Google. berbagai cara untuk mencapai peringkat tinggi di halaman hasil penelusuran, maka dari itu SEO merupakan yang sering dibicarakan oleh para Publisher, baik Blogger, Wordpress, maupun website-website yang lain. Oke langsung saja mari kita bahas bersama-sama apa itu SEO?
Apa yang anda ketahui tentang SEO?
SEO yaitu merupakan singkatan dari "search engine optimization" yaitu (pengoptimalan mesin telusur) atau "search engine optimizer” atau disebut juga dengan proses yang dilakukan untuk mengoptimasi page atau website-website secara keseluruhan bagi mesin penelusur (baik Google, Yahoo, Uc Browser, bing, yandex, baidu, dll) . dan bagaimana manfaat dari SEO? Ada banyak manfaat yang bisa bisa kita miliki dan menghasilkan. Jika Anda berada website kita berada di page one (halaman utama) dari hasil mesin penelusuran Google, ada kemungkinan pengunjung website kita meningkat yaitu dikarenakan pengguna internet cenderung membuka tautan page yang ada di peringkat atas di halaman pertama dari mesin penelusur yang dipakai. lalu, jika Anda telah mengetahui keuntungan yang bisa Anda dapat dari proses SEO.
Bagaimanakah Cara Kerja Hasil Pencarian ?
Berikut ini saya akan jelaskan mengenai pengertian, cara kerja, dan fungsi dari SEO itu sendiri. Adapun yang pertama yaitu bagaimana cara kerja hasil pencarian atau disebut juga degan search engine ? mari langsung saja kita simak artikel dibawah ini? Dalam menampilkan hasil pencarian, mesin pencari (search engine) melakukan beberapa kegiatan atau algoritma sistem yang diterapkannya antara lain:
1.    Pengindeksan (Indexing)
Pengindeksan adalah proses pembuatan halaman untuk semua halaman web yang telah diolah. Pada dasarnya, proses pengindeksan adalah mengenali dari kata-kata dan tulisan yang dapat dimasukkan ke dalam database mesin pencari dengan kata kunci tertentu.
2.    CTR (Click Through Rate)
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya pada aspek kedua RankBrain, CTR ini berkaitan dengan berapa presentase pengguna yang klik pada tautan di hasil pencarian. Anda perlu memperhatikan CTR Anda, tidak hanya karena faktor RankBrain tetapi juga munculnya tipe-tipe hasil penelusuran selain tautan page biasa yang memuat page Anda
3.    Pengolahan (Processing)
Sebagai mesin pencarian permintaan dari pengguna sebagai contoh dengan mengetikkan kata kunci “definisi seo” pada mesin pencari, maka mesin pencari tersebut melakukan proses dengan kata kunci “pengertian seo” ke dalam permintaan dengan menggunakan kata lain dari berbagai situs web yang telah terindeks pada mesin pencari database.
4.    Merangkak (Crawling)
Merangkak atau Perayapan adalah tindakan yang mengambil semua halaman web yang terhubung pada situs web tersebut. Tugas ini dilakukan oleh perangkat lunak yang disebut crawler / spider atau Googlebot dalam mesin pencarian Google.
5.    Menghitung Relevansi (Calculating Relevancy)
Dalam satu halaman web pastinya adalah jumlah lebih dari kata kunci yang di inputkan ke mesin pencari contoh pada kata kunci “definisi seo”, mesin pencari menggunakan proses dengan relevansi dari setiap halaman yang telah terindeks untuk kata kunci yang diterima.
6.    Mengambil Hasil 9 (Retrieving Result)
Didalam mengambil hasil yang sangat relevan dari kata kunci yang ada di browser. Setiap bulan nya, mesin pencarian seperti Google dan Yahoo! sering melakukan pembaruan terhadap banyak algoritma yang berhubungan dengan teknik relevansi dalam menampilkan hasil pencarian. Hal itu dilakukan agar hasil pencarian yang benar-benar benar menampilkan hasil yang tepat dan sesuai dengan kata kunci yang di inputkan. Prinsip-prinsip utama dari sistem pencarian pada mesin pencari adalah sama, tetapi yang menjadi pembeda adalah algoritma relevansi yang menggunakan hasil pencarian antara Google dan Yahoo! sedikit berbeda.
7.    Optimasi Struktur Data Template
Struktur data html template yang baik berguna untuk mempermudah robot mesin pencari merayapi / membaca skema data yang kalian terapkan dalam template. Dengan begitu skema struktur template blog / website perlu dibenahi dan ditata sesuai aturan yang berlaku.
8.    Template Harus User Friendly
Website / blog yang User friendly disukai oleh banyak pencari info dan juga mesin pencarian. Karena kenikmatan dan kenyamanan dalam membaca konten-konten kita adalah wajib hukumnya. Sangat disayangkan jika tulisan yang ditulis telah menghabiskan banyak waktu atau tulisan yang seharusnya bermanfaat malah ditutup oleh banner iklan yang mengganggu, sehingga pengunjung jadi malas dan dengan cepat pergi meninggalkan situs kita tanpa dibaca.
Beberapa hal yang dapat menjadikan template situs kita dianggap User Friendly salah satunya yaitu :
a)  Fast Loading - Semakin cepat dibuka/diakses maka makin disenangi. Proyek AMP salah satu contoh dan rekomendasi untuk membuat loading situs kalian cepat dan Mobile Friendly. Akui saja jika kalian membuka situs yang lemot maka akan menutupnya dan mencari informasi di situs sebelah. Hindari script yang tidak bermanfaat terutama script pihat ketiga (di luar hosting) yang menjadikan loadinya semakin lemot, dan jangan lupa minimalkan size gambar postingan.
b) Tidak Menggunakan Pop Under - Saya akui banyak publisher yang menggunakan pop under/ads untuk mencari uang dari blognya. Namun akhir-akhir ini pop under dianggap tidak baik oleh google, karena mengganggu pembaca dalam mencari informasi. Pop Under memang sangat menyebalkan, jadi jangan membuat kesal pengunjung dengan tampilan yang mendadak seperti penggunaan Pop Under. Nanti malah gagal gajian karena situs kalian dihafali buruk dan tidak diminati lagi oleh pengunjung.

9.    Menciptakan Konten Artikel yang Berkualitas
Berkualitas bisa diartikan bernilai tinggi. Contohnya seperti kita mengerjakan soal essay. Apabila jawaban kita dianggap sesuai dengan soal yang diajukan dan memuaskan, maka kita akan mendapat nilai sempurna. Begitulah kurang lebihnya yang dimaksud dengan artikel yang berkualitas antara lain :
·    Original - Asli buatan sendiri, bukan hasil mencuri atau copy paste. Copy paste hanya memperburuk citra kita dimata pembaca dan bahkan hasil copy paste tersebut dianggap buruk oleh mesin pencari karena dianggap ilegal dan curang. Keoriginalan membuat kita semakin pandai dalam merangkai tulisan yang baru dan disukai pembaca.
·   Unik - Beda dari yang lain. Bisa saja topiknya sama, tapi berbeda dalam menyampaikannya. Misalkan saja blogger lain menuliskan tanpa memakai gambar, namun kalian menggunakan banyak gambar dalam menuangkan konten yang unik.
10. Tambahkan dan SEO-kan Gambar
Manfaat lain dengan memberikan gambar adalah untuk mengurangi tingkat bounce rate. Beberapa pakar SEO masih menganggap bahwa semakin kecil angka (persen) bounce rate maka situs dianggap SEO. Namun, sayangnya  Alasan Google tidak menganggap bounce sebagai sinyal SEO karena banyak pelaku SEO menyalahgunakannya dengan memasukkan banyak keyword stuffing, spam keyword, basa-basi, dan menjajali banyak gambar yang seharusnya tidak perlu ke dalam sebuah konten.
11. Update Jumlah artikel (postingan)
Gampangnya begini. Jika postingan pertama, kedua, dan ketiga tidak berada di halaman pertama mesin pencari, maka postingan keempat, kelima, dan seterusnya kemungkinan bisa berada di halaman pertama mesin pencari. Ini bukan unsur "bejo", karena kenyataan yang sering terjadi memang seperti itu. Alasannya, dengan seringnya kita posting maka tulisan kita berikutnya akan lebih profesional daripada sebelum-sebelumnya.
12. Promosi (Pencitraan website/marketing)
Tujuan utama promosi adalah agar produk usahanya laku terjual hingga menghasilkan laba (keuntungan). Namun di sisi lain, promosi memiliki manfaat terbesar, yaitu BRANDING. Karena efek branding yang kuat membuat orang mencari info di mesin pencari dengan sekaligus memasukkan merek yang sudah brand tersebut.
Jika kalian ingin lewat jalur online, google adwords, sosial media, blogwalking, dan forum online merupakan jalur terbaik untuk melakukan promosi. Namun jika ingin lewat media elektronik (non online), kalian bisa beriklan di televisi. Kita tau bahwa beriklan di televisi bisa menghabiskan berjuta bahkan ratusan juta rupiah untuk sekali iklan. Karena memang budget pas-pasan jalur online adalah jalur yang wajib kalian tempuh.
13. Backlink
Backlink yang terbaik adalah dari situs kita sendiri. (Internal Link) - Admin
Namun apa daya bahwa umur blog masih seumur jagung. Perlu asupan gizi dan bantuan pihak lain untuk menyokong blog baru kita. Ada yang bilang bahwa tahun ini backlink tidak perlu dicari lagi, saya sependapat juga karena faktanya beberapa blog yang saya build tanpa mencari backlink bisa berada di puncak atau halaman pertama, dengan syarat submit ke webmaster dan saingannya sedikit.
14. Submit ke Webmaster
Untuk submit ke webmaster setiap search engine jelas sangat dianjurkan!!! Karena hal ini dilakukan agar memudahkan atau membantu artikel baru dan lama yang di edit mudah terindeks mesin pencari.

APA FUNGSI DARI SEO buat Website?
Perlu kita ketahui bahwa Fungsi dari SEO pada intinya yaitu menginginkan website kita berada di page one atau halaman utama otomatis pengunjung atau visitor website kita banyak diakses setiap harinya. Semua konsumen menginginkan brand yang terbaik dan terpercaya serta berkualitas. Salah satu cara untuk mendapatkan informasi seputar produk atau jasa dengan kriteria yang mereka inginkan yaitu dengan mencarinya di mesin pencari.
Maka dari itu dengan adanya digital marketing berperan untuk memenuhi keinginan para konsumen mereka. Dengan melalui website atau blog, mereka dapat menyediakan informasi detail seputar produk, brand, atau jasa yang akan mereka promosikan. Agar website kita dengan mudah dilihat kemudian diakses oleh para pengunjung, website harus berada di pageo ne sebuah mesin penulusuran baik google maupun yahoo, dll. Mengapa harus di halaman pertama? Dengan berada di halaman pertama web mesin pencari, para pengunjung dapat langsung melihat website Anda dengan catatan kata kunci yang Anda gunakan sesuai dengan kata kunci yang dituliskan pada kolom pencarian oleh pengunjung.
Apa Tujuan Penggunaan SEO?
Adapun Tujuan utama pada intinya dari SEO “search engine optimization” yang terutama yaitu sebagai berikut:
1.    Meningkatkan Kualitas Trafik visitor Pengguna Internet. Sebanyak mungkin pengunjung yang mengakses website kita yaitu pengunjung yang ditargetkan sesuai kata kunci yang akan kamu pilih, sehinga trafik atau lalu-lintas pengunjung atau kunjungan yang datang memang butuh dan sedang mencari apa-apa yang kamu tawarkan di situs kamu. Hal ini menciptakan trafik kunjungan yang berkualitas dan menarik perhatian pengunjung untuk datang mengakses kembali website kita.
2.    Supaya sebanyak-banyaknya pengunjung mendatangi situs kita dengan menjadi yang paling banyak diklik (berada di area merah pada click heatmap yakni di bagian separuh halaman di atas/upper fold, lebih baik lagi menjadi 1-3 di SERP)
Dengan mempertahankan Kedua Jenis Trafik di Atas Secara efisien dan efektif, dengan riset kata kunci yang benar dan peoses SEO yang baik, peringkat pencarian yang bagus tercapai, maka tujuan utama SEO diatas akan dengan mudah dicapai. Jika tujuan SEO kamu tercapai, dari tujuan dasar dan tujuan utama ini, maka dapat dipastikan akan banyak trafik tertarget menuju situs web atau halaman web yang kamu optimisasi untuk mesin pencari. Semakin banyak trafik tertaget, maka potensi tercapainya tujuan akhir dari situs website semakin tinggi dan menjadi branding.
Demikianlah artikel tentang SEO saya kali ini, jika visitor atau sahabat-sahabat bloggers ingin tahu artikel – artikel lain mengenai SEO bisa akses untuk perbandingan, dapat kalian temui dalam kategori “SEO” di website-website lain. Oke sekian dari saya, salam Bloggers, terima kasih.




Previous
Next Post »