Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas dengan 8 Indikator

Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas dengan 8 Indikator

Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas dengan 8 Indikator - Sudah tahukah sobat apa yang disebut dengan Backlink? Backlink secara sederhananya yaitu sebuah link/url website yang ditanam diwebsite lain yang diarahkan kepada situs website kita.

Didalam melakukan optimasi SEO backlink ini merupakan bagian yang terpenting disebuah website untuk dapat menaikkan nilai Domain Rating di mesin pencari google. SEO sendiri dibagi menjadi 2 bagian yakni SEO Offpage dan SEO Onpage.

Link Building merupakan aktifitas yang biasanya dibangun untuk membuat sebuah baclink pada website. Istilah lainnya yaitu ada yang sebagai inbound link (website yang menerima link dari website lain) dan juga ada yang sebagai eksternal link yaitu website sobat memberi link keluar ke website lain.

Bahasa sederhananya seperti itu, cukup simple kan? walaupun begitu backlink ini merupakan peranan yang sangat penting didalam mengembangkan sebuah website apalagi backlink yang didapatkan itu merupakan backlink yang sangat berkualitas, tentu sangat luar biasa untuk kesuksesan web sobat. 

Kenapa Backlink Itu Penting?

Oke, agar sobat bisa lebih memahami apa backlink itu dan bagaimana cara mendapatkan baclink yang berkualitas secara gratis tersebut tentu tidak mudah, banyak cara dan trik-trik  yang bisa sobat lakukan. Lebih jelasnya mari kita simak ulasan mengenai backlink ini,

Backlink itu apa?

Backlink adalah sebuah link tautan website atau artikel yang diarahkan dari website atau blog orang lain ke website kita dengan cara link website kita yang ditanam disebuah artikel website orang lain. Didalam backlink itu sendiri terdiri dari 2 jenis yaitu inbound link dan eksternal link.

Apakah backlink itu penting bagi website?

Iya, sangat penting karena backlink mempunya fungsi dan peranan penting dalam proses mendapatkan traffic atau sinyal ke website kita, terutama dalam membangun ranking website sobat di mesin pencarian Google ini.

Walaupun begitu tidak semua backlink yang sobat dapatkan itu bisa mempengaruhi peringkat website sobat. Perlu diketahui bahwa didalam membangun backlink ini perlu diimbangi dengan penulisan artikel yang SEO, karena keuntungannya sangat besar yang bisa berdampak pada traffic visitor website sobat. 

Selain itu ada baclink yang dianggap bisa menaikkan traffic website kita ada juga yang tidak berdampak apapun terhadap website kita, maka dari itu sangat diperlukan sebelum menanam backlink ini untuk mengecek DR (Domain Ratingnya) apakah sudah tinggi untuk dikasih backlink website kita. Tools yang bisa sobat gunakan yaitu website Ahref setelah itu di bagian footer pilih Backlink Checker.

backlink berkualitas

Maka dari itu Backlink yang berkualitas inilah yang bisa memberikan dampak positif yang bagus dalam menaikkan traffic dan rating domain kita daripada menanam backlink dengan jumlah yang banyak tapi kualitasnya sangat rendah.

Oke sebelum memahami tentang cara mendapatkan backlink berkualitas itu seperti apa, mari kita bedah lebih mendalam lagi tentang beberapa jenis dan karakteristik dari backlink itu.

Jenis - jenis Backlink dan Karakteristiknya

1. Backlink Editorial

Untuk mendapatkan backlink kontekstual / Editorial ini sobat bisa membuat artikel yang natural dan relevan sesuai topik yang akan kamu jadikan backlink ini. Setelah itu sobat bisa mencantumkan link website sobat didalam artikel yang sudah dibuat. Adapun situs yang cocok dibuat seperti ini yaitu seperti Academia edu, Medium, Kaskus, Quora, Scribd, Kompasiana, Forum detik, Ads id, dll.

2. Backlink Comment

Backlink komen ini mungkin dari sobat semua sering menemukan pada sebuah postingan-postingan artikel yang sobat cari dan melihat ada beberapa sobat yang membuka untuk kolom komentar dengan beberapa website lainnya. Selain itu juga ada beberapa yang menonaktifkannya.

Nah jika ada website yang membua kolom komentar ini merupakan salah satu tempat untuk menyisipkan link yang mengarah ke artikel website sobat. Jenis backlink ini disebut dengan comment backlink. 

3. Backlink Profile

Disebuah website atau situs-situs besar dan situs forum dan sosial media mungkin sobat sering menemukan salah satu tempat baik jenis deskripsi ataupun kolom untuk mengisi data profile dan sosial media, bahkan juga ada yang disediakan kolom untuk situs website kita.

Tentu jika sobat melihat yang ada seperti ini bisa sobat manfaatkan untuk menanam backlink sobat. Jenis backlink ini saya menyebutnya dengan backlink profil karena bisa meningkatkan DA website kita di SERP Google ini. Selain itu website kita juga bisa mendapatkan traffic yang lebih tinggi. 

4. Backlink Blogroll

Backlink blogrrol sangat efektif sampai saat ini karena penempatannya yang sangat strategis. Cara seperti ini sangat banyak digunakan oleh pakar SEO dalam menanam backlini ini. Biasanya letak backlink blogroll ini ada di bagian sidebar website. 

Akan tetapi cara seperti sudah tidak banyak dipakai lagi karena ada dampak negatif terhadap SEO. Untuk mendapatkan backlink bloggrol ini syaratnya  website sobat harus sudah berafiliasi dengan website lain yang memiliki konten pembahasan yang sesuai.

5. Backlink Social Media

Backlink sosial media ini yang sangat sering dipakai dalam mendapatkan backlink sebuah website. Cara ini sering dipakai di groub facebook, twitter, instagram, telegram, dan whatsapp. Backlink seperti ini biasanya disebut dengan backlink redirect yang sifatnya hanya sementara. 

Dengan cara seperti ini website sobat akan mendapatkan backlink yang sangat bagus, selain itu juga artikel website sobat akan mendapatkan traffic pengunjung yang banyak dan jika postingan atau artikel yang dibuat itu merupakan viral dan banyak dibagikan tentu akan mendongkrak ranking web sobat dimesin pencari Google ini.

6. Domain Authority (DA)

Situs website yang mempunyai domain authority yang tinggi mendapatkannya berasal dari backlink. Selain itu website seperti ini dimata mesin pencari google memiliki peringkat yang baik dan memiliki referring domain yang sangat banyak. 

Referring Domain atau domain referensi adalah bagian dari backlink, jika sobat memiliki 10 backlink dari 1 situs maka terhitungnya hanya memiliki 1 referring domain, karena domarain referensi ini bersifat domain bukan halaman. Jika backlink sobat memiliki banyak referensi domain bisa jadi memiliki ribuan backlink, tentu sangat bagus dimata pencarian Google. 

Selain itu jika jumlah reffering domain dan jumlah backlink sobat tidak seimbang atau terlalu banyak dari salah satunya maka akan dianggap spam atau menipu, kalau bisa jumlah reffering domain dan backlink harus seimbang, sehingga itu akan mendongkrak website kita dalam menaikkan (DR) domain rating website.

7. Backlink Do-Follow

Backlink dofollow ini bisa mendongkrak dalam meningkatkan rank page website kita di Google. Semakin besar poin SEO yang didapatkan, semakin tinggi pula di halaman hasil pencarian google (SERP Google) ini.

Dofollow merupakan backlink yang diizinkan oleh search engine untuk diikuti. Backlink bersifat Dofollow ini akan sangat berpengaruh terhadap PageRank sebuah website, sehingga peringkat website sobat akan meningkat tinggi dimesin pencari Google.

Contoh kode dofollow backlink :

<a href="https://contohwebsite.com/artikel-seo-duniamu38">Artikel SEO</a> 

Keterangan : kode diatas merupakan contoh dari Backlink Do Follow yang sudah dibuat karena tidak terdapat kode yang bersambungan tertulis rel nofollow

8. Backlink No-follow

Lawan dari do-follow link yaitu backlink berupa nofollow link, backlink seperti ini sangat tidak terlalu mendongkrak website sobat untuk memiliki nilai SEO yang baik bahkan tidak memiliki nilai SEO sama sekali, karena terdapat sebuah tag HTML berjenis nofollow yang artinya mesin pencari google memberi tanda untuk diabaikan laman tersebut.

Bisa jadi Backlink no follow ini membantu dalam proses optimasi SEO mungkin kecil ketimbang dari backlink yang bersifat do follow. Adapun nofollow link ini didapatkan dari komentar blog dengan nilai domain ratingnya (DR) yang tinggi kira-kira diatas 30. 

Contoh kode Nofollow backlink :

<a href="https://contohwebsite.com/artikel-seo-duniamu38" rel="nofollow">Artikel SEO</a>

Keterangan : kode diatas merupakan contoh dari Backlink No Follow karena didalam script tersebut terdapat kode yang bersambungan tertulis "rel nofollow".

Pertanyaanya bagaimana cara mengetahui link tersebut mengandung Dofollow dan Nofollow? Caranya sangat mudah yaitu ketika sobat membaca sebuah artikel blog atau website saat itu menemui link yang aktif, lalu kalian klik kanan pada link aktif tersebut dan pilih inspect, maka akan muncul kode script disebelah samping halaman tersebut.

Selanjutnya  silahkan sobat cek apakah ada tulisan nofollow, jika ada artinya link diwebsite tersebut mengandung backlink no follow, sebaliknya jika tidak ada berarti link tersebut bersifat do follow yang mana do follow inilah yang perlu kita tingkatkan didalam website kita.

Baca juga : Tips - Tips SEO Digital Marketing

Cara mendapatkan Backlink Do follow Gratis

Untuk Mendapatkan backlink berkualitas tinggi ini memanglah tidak mudah didalam SEO “search engine optimization" (pengoptimalan mesin telusur). Sebelumnya kita sudah membedah mengenai backlink diatas bahwa faktor untuk menentukan popularitas atau menaikkan rating sebuah halaman website di Google, backlink inilah salah satu indikator yang terpenting. 

Namun, Google tidak menilai dari segi kuantitas backlink yang didapatkan, akan tetapi  Google menilai dari segi kualitas backlink yang didapatkan itu relevansi dengan website sobat.

Maksud dari backlink yang relevan yaitu sebuah backlink yang didapatkan dari website/blog yang topiknya sama dan sesuai dengan website kita. Contoh, misalnya website yang kita miliki membahas seputar technologi (website duniamu38) maka kita harus mendapatkan dan menanam backlink diwebsite yang pembahasannya sama juga seperti yang ada didalam website kita.

Sehingga jika pembahasan website kita sudah sesuai atau relevan dengan website yang sudah kita pasang dan tanam backlink tersebut, maka backlink tersebut dianggap oleh Search engine sudah kredibel. Selain itu ada juga beberapa cara untuk mendapatkan backlink berkualitas yang bisa kamu terapkan di dalam website atau blog sobat, seperti:

1. Buatlah Konten Berkualitas dan Bernilai Tinggi

Salah satu cara untuk mendapatkan backlink berkualitas ini merupakan hal yang terpenting dalam menaikkan domain rating web. Langkah awal yang harus lakukan yaitu buatlah konten yang berkualitas dan bernilai. Karena ini akan berdampak positif terhadap website sobat secara keseluruhan yang ada didalam website.

2. Cari Trafik Website yang Tinggi

Hal yang perlu sobat utamakan dalam menanam backlink atau mendapatkan backlink berkualitas yang harus anda riset yaitu apakah jumlah trafik yang dihasilkan sebuah website yang akan kita tanam itu sudah tinggi atau belum selain dari Domain Ratingnya (DR). 

Untuk melihat dan mengecek traffic website sobat bisa menggunakan Tools  Ahref ini. Selain itu sobat juga bisa mengecek apakah website tersebut Nilai DR nya tinggi atau rendah. Sehingga jika sudah seperti itu sudah saatnya kita pasang backlink yang betul – betul nilai DR dan trafficnya yang tinggi. 

3. Guest Blogging

Cara guest blogging ini yaitu membuat konten originial secara gratis disitus website besar orang lain  dengan rating yang sangat tinggi dengan harapan meminta imbalan berupa link yang ketika diklik mengarahkan ke situs website kita (backlink). Sedangkan untuk link kita nanti dapat ditempatkan pada bagian akhir artikel atau bisa jadi ada kutipan informasi di dalam konten yang sudah kita buat tadi. 

Tentunya cara guest blog ini sangat menguntungkan dari kedua belah pihak karena sama mendapatkan manfaat yang sama. Cara mudah seperti inilah yang bisa menjadi backlink berkualitas yang popular karena backlink yang kita tanam disitus website yang mempunyai domain rating yang tinggi.

4. Buat Konten yang Unik

Selain cara guest blogging, konten yang dibawah diwebsite sobat harus unik. Saya sarankan jika sobat sangat sulit membuat konten mulai dari awal bisa langsung copas website lain yang ada dipageone google, dengan catatan harus mengolah kata dengan tata dan bahasa kita sendiri yang baik. 

Mungkin sudah banyak bahkan ribuan konten yang akan kita cari sudah ditulis oleh orang lain, namun kita tidak perlu memikir panjang lebar jauh-jauh tinggal kita oleh kembali sesuai sudut pandang kita dan menurut kita itu merupakan hal yang bagus dan perlu dikasih bumbu-bumbu yang unik. Keunikan konten inilah nanti yang akan menarik pembaca untuk menanam link artikel blog kita disitus orang lain

5. Tulis Konten yang Original dan Solutif

Bagaimana membangun kredibilitas website atau blog? Tentu jawabannya ada di konten. Pastikan konten di website Anda adalah konten yang lengkap dan mampu menjawab pertanyaan para pencari. Konten yang Anda tulis juga harus solutif. 

Jadi setelah membaca artikel di blog atau website Anda, pembaca bisa menyelesaikan masalah yang dialaminya. Dengan begitu mereka tidak ragu untuk membagikan artikel Anda di media sosial atau bahkan website atau blognya.

6. Bangun Kredibilitas Web

Cara membangun kredibilitas ini mungkin cukup sulit, cara ini sangat strategis untuk mendapatkan backlink yang berkualitas. Jadi langkah yang harus sobat bangun untuk meningkatkan kualitas website sobat dahulukanlah membangun kredibilitas website atau blog sobat dimesin pencari Google dulu.

Sebelumnya saya juga sudah menjelaskan mengenai apa itu outbound link dan inbound link ini sobat bisa artikelnya dibawah ini, kadang dan kebanyakan website dan blog yang memiliki kualitas backlink yang bagus mereka akan bersedia juga untuk memberikan backlink ke website dan blog berkualitas pula. Maka dari, disinilah saatnya sobat berbenah dan bangulah kredibilitas website sobat terlebih dahulu.

Baca juga: Pentignya SEO dalam Sebuah Website atau Blog

7. Gunakan Tools Backlink

Adapun cara untuk mendapatkan backlink gratis ini salah satunya yaitu menggunakan tools backlink ini, selain dari konten yang unik, solutif, serta mempunyai artikel yang berkualitas. Mengapa harus menggunakan tools backlink ini dalam sebuah website.

Salah fungsi tools backlink ini untuk menentukan salah satu website dan blog yang berkualitas dahulu, hingga sampai detik ini Ahrefs menurut Google merupakan tools terbaik dalam mencari dan menentukan backlink berkualitas. Selain itu juga ada alat yang digunakan dan dipersiapkan selain tools ahref dalam membantu proses penanaman backlink ini yaitu Textmechanic dan Wosgroub.

Dengan Ahrefs sobat bisa menemukan blog dan website berkualitas berdasarkan kata kunci sesuai topik pembahasan website sobat. 

Selain itu di ahref terdapat sebuah menu backlink checker sehingga sobat bisa melihat kredibilitas dan mengetahui jumlah backlink serta nilai Domain Rating (DR) sebuah website. 

Adapun salah satu contoh dari website edukasi dengan nilai Domain Ratingnya tinggi sekitar 70 yaitu Unisma Malang yang sekaligus merupakan perguruan tinggi swasta terbaik di Jawa Timur saat ini.

berapa jumlah karakter maksimum untuk meta description di seo

8. Terindeks Google (Webmaster Tools)


Dari ketujuh cara diatas dalam mendapatkan backlink berkualitas yang tidak kalah penting yaitu pastikan website harus sudah terindeks Google. Untuk melakukan cara ini bisa baca cara mengindekskan artikel website di webmaster tools  Google. 

Setelah itu salah satu cara untuk mengecek apakah website kita sudah terindeks apa belum, sobat bisa melakukan cara ini yaitu Buka Google, kemudian ketik di search engine google dengan keyword “site:urlwebsitesobat.com” dan tekan enter. Kemudian akan muncul artikel sobat jika sudah terindeks.

Beberapa cara mendapatkan Backlink berkualitas Do-follow dengan cepat itu tanpa disertai dengan riset sama saja “bohong”, maka dari itu selalu lakukan riset terlebih dahulu sebelum melakukan penanaman backlink dengan menggunakan beberapa indikator di atas. 

Selain itu sebelum melakukan proses untuk mendapatkan backlink berkualitas ini. Satu hal yang harus sobat lakukan dalam membangun sebuah website yang mampu menghasilkan backlink berkualitas yaitu berusaha tidak malas dan butuh waktu banyak, serta usaha dan fokus pada kualitas artikel atau konten dulu pada website sobat sendiri.

Sebelum membuat artikel yang natural dan trending pastikan sobat harus lakukan hal ini, yang pertama silahkan cari keyword menggunakan Google Trend, pertama tentukan thema / judul, minimal 300 kata, jika lebih dari 1000 kata wajib memakai heading (H1) dan subheading (H2), selain itu bisa sobat gunakan tools yang bernama Keyword Tool io ini dalam mencari tag pencarian yang sering dicari orang di Google.

Jika semuanya sudah dilakukan dan jangan takut gagal sebelum mencoba, mencobalah dahulu walaupun gagal, dari kegagalan tersebut adalah awal dari kesuksesan kita dalam meraih suatu harapan yang di idamkan. Dengan begitu sobat akan merasakan suatu hal yang membuahkan hasil yang positif.

Mungkin itulah beberapa cuplikan sedikit ilmu dan pengalaman yang sudah saya lakukan selama ini tentang Cara Mendapatkan Backlink Gratis dengan mudah dan cepat yang dapat sobat praktekkan dan terapkan untuk melakukan optimasi SEO Artikel Website sobat.

Posting Komentar untuk "Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas dengan 8 Indikator"